"Headline News PGSD UNTIRTA! ^^Pengajuan Judul Skripsi Tahap Satu dapat dikirim .Disini^^Jejaring Sosial PGSD UNTIRTA sudah diluncurkan, klik disini ^^ Rancangan P2KK oleh rektor UNTIRTA klik disini

Djarum Beasiswa Plus 2012-2013

Beasiswa S1 Djarum Djarum Beasiswa Plus berperan aktif memajukan pendidikan melalui pembudayaan dan pemberdayaan mahasiswa berprestasi tinggi, dalam berbagai pelatihan soft skills untuk membentuk manusia Indonesia yang disiplin, mandiri dan berwawasan masa depan serta menjadi pemimpin yang cakap intelektual, emosional dan spiritual.
Sejak 1984, ribuan mahasiswa menerima Beasiswa dan Program Pengembangan Karakter dari Djarum. Djarum percaya, pendidikan yang baik adalah bekal dalam mewujudkan bangsa yang kokoh, sejahtera dan bermartabat.

Beasiswa dan Pengembangan Karakter
Djarum menyadari, pendidikan merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan bangsa dalam mewujudkan masa depan yang lebih baik.
Oleh sebab itu, sejak tahun 1984 melalui
program Djarum Bakti Pendidikan, Djarum memberikan beasiswa kepada para mahasiswa-mahasiswi strata satu berprestasi tinggi dari berbagai Perguruan Tinggi baik Negeri maupun Swasta di seluruh Indonesia. Untuk
semakin menegaskan komitmennya memajukan dunia pendidikan, mulai tahun ini Djarum Bakti Pendidikan telah berubah menjadi Djarum Beasiswa Plus. Hal ini sesuai dengan arah kegiatan CSR PT Djarum di bidang pendidikan yang akan fokus dan identik dengan pemberian beasiswa.
Para penerima Djarum Beasiswa Plus mendapatkan dana beasiswa sebesar Rp 750.000,- setiap bulan selama 1 tahun.
Selain dana beasiswa, para penerima Djarum Beasiswa Plus juga (Beswan Djarum) mendapatkan pembekalan berbagai macam soft skills, guna menyerasikan antara pencapaian akademik (hard skills) yang diperoleh di kampus dengan berbagai ketrampilan agar para Beswan Djarum dikemudian hari menjadi manusia yang cakap intelegensia, emosional maupun spiritual.
Persyaratan untuk menjadi penerima Djarum Beasiswa Plus Tahun 2012/2013
UMUM:
  1. Sedang menempuh Tingkat Pendidikan Strata 1 (S1) pada semester IV dari semua disiplin ilmu.
  2. IPK minimum 3.00 pada semester III.
  3. Dapat mempertahankan IPK minimum 3.00 hingga akhir semester IV.
  4. Aktif mengikuti kegiatan organisasi baik di dalam maupun di luar Kampus.
  5. Tidak sedang menerima beasiswa dari pihak lain
ADMINISTRASI:
  1. Mengisi Form Pendaftaran yang tersedia di Bagian Kemahasiswaan di Kampus masing-masing, atau download Di Sini
  2. Fotocopy Kartu Hasil Studi semester III.
  3. Fotocopy sertifikat kegiatan organisasi/surat keterangan aktif berorganisasi.
  4. Surat keterangan dari Kampus tidak sedang menerima beasiswa dari pihak lain.
  5. Satu lembar foto ukuran 4 x 6 cm berwarna memakai jas almamater.
TES SELEKSI:
Tes Potensi Akademik (TPA) dan Wawancara.
VERIFIKASI:
Memastikan kandidat yang lolos tes seleksi dapat mempertahankan IPK minimum 3.00 pada akhir semester IV.
PENGUMUMAN:
Dapat dilihat di website dan juga tersedia di Bagian Kemahasiswaan Kampus.
Tanggal-tanggal Penting:
  • Pendaftaran: 1 April – 31 Mei 2012
  • Seleksi: 1 Juni – 18 Juli 2012
  • Verifikasi: 21 – 30 Agustus 2012
  • Pengumuman: 31 Agustus 2012
For more information, please visit official website: Djarum Beasiswa Plus

12 Alasan Menjadi Guru

1. Potensi murid
Karena potensi ini merupakan sebuah hal yang menarik, karena setiap tahun akan
selalu muncul tantangan baru yang diikuti dengan potensi baru untuk sukses. Mendidik lagi bibit-bibit baru dan tentu dengan inovasi dan improvisasi baru dalam cara bimbingan agar dapat menciptakan generasi yang bermutu.

2. Kesuksesan murid
Kesuksesan murid akan membawa pada kelangsungan karier seorang guru. Setiap murid yang tidak mengerti tentang satu hal lalu belajar untuk mengetahuinya lewat bantuan guru , akan memberikan perasaan gembiraseorang guru . Dan ketika seorang murid yang telah diprediksikan tidak naik kelas bisa berhasil di tangan guru, maka ini bisa membuat stres yang biasanya datang dalam pekerjaan hilang. Bayangkan perasaan yang dirasakan ketika ada seorang murid yang berhasil karena kerja keras guru
 Bangga juga kan bsa melihat hasil didikan menjadi orang yang sukses...




3. Mengajar=belajar
Guru akan mempelajari sesuatu dengan lebih baik ketika mulai mengajar tentang hal tersebut. Ketika berada di bangku kuliah, guru hanya mempelajari segala sesuatu yang harus dipelajari dan ditanyakan ketika ujian. Tapi ketika menjadi seorang guru, pertanyaan dari para murid akan membuat kita menggali lebih dalam tentang suatu hal. Jadi ilmu antar si anak didik dengan guru juga bisa saling sharing...menjadi suatu hal yang baik dalam menambah pengalaman dari kedua pihak.


4. Daily humour
Memiliki selera humor yang baik, maka kita akan menemukan banyak hal untuk tertawa setiap hari. Kadang-kadang silly jokes bisa membuat para murid tertawa, ataujok es tersebut bisa berasal dari para murid. Terkadang para murid bisa memberikan sebuah pernyataan yang sangat lucu tanpa mereka sadari. Inilah yang akan membuat kita menikmatinya.




5. Awet muda
Berada di tengah orang-orang muda setiap hari akan membantu kita mengingat tentang tren dan juga ide-ide terbaru dari 'daerah jajahan' kita Ini juga membantu memecahkan segala hambatan. Bisa menambah semangat riang gembira, mengurai dari rasa stress yang ada.


6. Penguasa kelas
Sekali seorang guru menutup pintu dan mulai mengajar, maka ia benar-benar menjadi seseorang yang paling berhak untuk memutuskan segalanya. Tidak banyak pekerjaan yang mengizinkan individu untuk bisa berkreatifitas di banyak ruang dan juga berkuasa atas banyak hal seperti profesi ini. Bisa menjadi sang moderator kelas dari anak-anak didiknya

7. Sangat kondusif untuk keluarga
Jika telah memiliki anak, bekerja sebagai seorang guru memberikan kesempatan pada kita untuk memiliki hari libur yang bisa dihabiskan bersama-anak-anak. Seburuk-buruknya, jika kita harus membawa PR ke rumah, tetap saja kita bisa sampai di rumah sama seperti anak-anak kita. Bahkan jika kita memanfaatkan waktu luang untuk memberikan les tambahan pada para murid, kita tetap bisa mengatur waktu sesuka hati. Jadi bekerja sebagai guru sangat fleksibel bagi kita yang sudah berkeluarga.


Disamping memberikan bimbingan kepada si anak, bisa juga dapat mengetahui perkembangannya psikologisnya, memberikan pengajaran yang lebih baik kepada si anak.
saling lebih dekat juga dengan dukungan si istri, membuat keluarga menjadi harmonis bukan?.... :)




8. Keamanan bekerja
Untuk beberapa komunitas, profesi guru termasuk langka. Jadi bisa dipastikan kita bisa selalu mendapatkan pekerjaan, walaupun harus menunggu sampai tahun ajaran baru, dan terkadang mengharuskan kita untuk melakukan perjalanan ke berbagai daerah. Persyaratan untuk menjadi guru di tiap daerah mungkin berbeda- beda, tapi sekali kita membuktikan kesuksesan sebagai guru, akan relatif mudah untuk bergerak menemukan pekerjaan baru. Jika masih miskin pengalaman, menjadi guru privat bisa mengisi pengalaman yang kita butuhkan.


9. Liburan
Ketika para murid libur panjang, kita juga mendapatkan kesempatan yang sama. Kita bisa memanfaatkannya untuk berlibur bersama keluarga atau melakukan pekerjaan paruh waktu yang lain.


10.Guru itu Model
Bisa dikatakan menjadi guru itu adalah sang model bagi anak-anak didiknya, dari segi penampilan, sopan santun, kharismatik dan apa yang ada didalam dirinya. Guru mencerminkan sifatnya kepada murid-murid.
jadi Cerminkan sifat yang baik kepada anak didik yaa... :)


Apalagi ditambah dengan paras guru yang menarik, bisa menjadi semakin menarik yang diajarkan lho... :)


11.Menjauhkan diri dari sifat yang negatif
Guru yang baik dan berkualitas seyogyanya kan mencontohkan sifat yang baik toh, hal ini juga bisa menjadikan kita agar menjauhi dari sifat yang negatif. misalkan pergi ke diskotik, mabuk-mabukan, dll
setidaknya dapat mereduksi hal-hal yang tidak baik.




12.Amal kebaikan yang tak akan pernah putus
Ketika menjadi guru, guru menyampaikan materi demi materi. Di tiap suatu hal yang diajarkan kepada anak didik, itu merupakan hal kebaikan yang mulia. Mendidik kebaikan, memupuk sikap, moral, budi luhur disamping juga mengajarkan pengetahuan dari yang tidak mengerti menjadi mengerti.
melihat si anak didik menjadi sukses atas bimbingannya, sungguh luar biasa


kita bisa membaca, menulis, berhitung tentu ada yang mengajari toh...
guru itu bisa dibilang siapa saja yang mengajarkan kebaikan kepada seseorang


Dan amal kebaikannya pun tidak akan pernah putus walaupun sampai akhir hayat.
Walaupun si guru itu telah meninggal skalipun, ilmu yang diberikan kepada anak didiknya masih bermanfaat, dan bahkan berkembang luas. Itulah guru…mulia pekerjaannya...

Luar biasa bukan??

tapi secara keceluruhan...apapun pekerjaannya (yang baik)...jika kita niat tulus dan berusaha, pasti akan bermanfaat bagi diri sendiri maupun orang lain...



ayo mari kita berusaha lebih keras lagi dalam memajukan pendidikan ini...
setidaknya lebih semangat lagi belajarnya... :)

Sumber : Baehaqi.blogspot.com



Pendidikan Di Indonesia kayak game

Katakanlah menuntut ilmu di Indonesia ini seperti bermain game, maka game “Pendidikan di Indonesia” adalah game tersulit yang pernah ada!
Coba simak gambaran sederhana berikut ini. Bagi yang kurang familiar dengan game, istilah “Ammo” artinya amunisi untuk menghadapi musuh.

Level 1 : SEKOLAH DASAR
Beberapa stage tersulit :
Stage “PPKn”
Monster : budgeting, legislasi, hak amandemen, hak interpelasi, dkk
Ammo  : pensil, pensil warna (gimana mau menang?)
Stage “Bahasa Indonesia”
Monster    : bang maman dari kali pasir
Ammo    : memori
Bonus Stage “Pelajaran Antikorupsi”
Monster    : TBA (kata Mendikbud rencananya tahun ajaran 2012/2013)
Ammo    : TBA
Final Stage “UN”
Monster    : harapan orang tua masuk sekolah negeri
Ammo    : doa
Note: Jika anda atau anak anda mengalami “game over” di level ini, silahkan hubungi Kak Seto.
Level 2 : SEKOLAH MENENGAH PERTAMA
Beberapa stage tersulit :
Stage “IPA”
Monster    : archimedes, kalor, gaya berat, gaya gesek, gaya bebas, gaya kupu-kupu (emangnya renang?)
Ammo    : pulpen
Stage “Matematika”
Monster    : mean, median, phytagoras, dkk
Ammo    : aplikasi kalkulator di handphone
Stage “Bahasa Inggris”
Monster    : degrees of comparison, gerund, tenses, etc
Ammo    : handphone 3g yang bisa buka “gugel trenslet”
Final Stage “UN”
Monster    : harapan orang tua masuk sekolah negeri part II
Ammo    : pensil rajah, cuci kaki ibu
Note: Jika anda atau anak anda mengalami “game over” di level ini, silahkan hubungi developer game di alamat berikut -> pengaduan@kemdikbud.go.id
Level 3 : SEKOLAH MENENGAH UMUM
Beberapa stage tersulit :
Stage “Matematika part II”
Monster    : trigonometri, diferensial, integral, dkk
Ammo    : handphone 3g yang bisa fb (apa hubungannya? mayoritas lebih memilih fb-an daripada dengerin Pak Tri Margono jelasin sin cos dan tangen)
Stage “Kimia”
Monster    : asam, basa, garam, hidrolisis, hidrokarbon, dkk
Ammo    : handphone lengkap dengan headset untuk mencegah kantuk
Group Stage “Kenakalan Remaja”
Monster    : narkoba, pornografi, mall, cafe, diskotik, rumah temen, rumah pacar, hotel, dsb
Ammo    : iman, bimbingan orang tua dan lingkungan yang mengakomodasi minat mereka ke hal-hal positif
Final Stage “UN”
Monster    : jatah minim kursi perguruan tinggi (itupun kalau orang tuanya mampu secara finansial)
Ammo    : ada yang menggunakan istighosah, ada juga yang menggunakan bocoran, banyak juga yang dua-duanya
Level 4 : PERGURUAN TINGGI
Pada level ini, tidak ada stage yang istimewa. Yang paling sulit adalah justru setelah lulus. Kenapa? Karena setiap tahunnya, Indonesia berhasil menciptakan 1,3 juta pengangguran baru. Angka itu didapat dari pertumbuhan angkatan kerja per tahun sejumlah 2,9 juta dikurangi pertumbuhan lapangan kerja yang hanya 1,6 juta. Kalau memang nggak kebagian ya mudah-mudahan kita semua bisa menciptakan lapangan kerja dengan berwirausaha, amiiiiin. Kalau nggak punya modal? Pinjem bank. Kalau nggak punya agunan? Pinjem saudara. Kalau nggak punya saudara? Pinjem temen. Kalau nggak punya temen? Nasib sampeyan naas banget ya???????

Sebelumnya mohon maaf, gambaran di atas hanyalah sebuah opini jika tidak bisa disebut kritik. Bagi anda yang masih usia sekolah, don’t try this at home.

Derita Orang Tua di Balik Kesuksesan Anak


Judul di atas mungkin bertentangan dengan pernyataan
“semua orangtua pasti bahagia melihat anaknya sukses”. Namun bila kita mau membuka mata, maka kenyataan itulah yang terjadi di negeri kita, Indonesia. Orangtua memang bahagia melihat anaknya berhasil, namun dibalik itu semua,
orangtua harus memeras otak,
membanting tulang demi keberlangsungan pendidikan anak-anaknya. Tegakah anak melihat betapa menderitanya orangtua untuk memenuhi kebutuhan yang satu ini? Coba balik pertanyaan itu. Tegakah orangtua melihat anaknya stress menjadi pengangguran? Inilah hal yang harus kita pikirkan bersama.
Pendidikan adalah salah satu jalan untuk mencapai kesuksesan seseorang. Pendidikan menjadi suatu prioritas dalam program andalan pemerintah melalui kebijakan yang tertulis dalam UU No.20 Tahun 2003 yang menyatakan bahwa sistem pendidikan nasional harus mampu menjamin pemerataan kesempatan pendidikan, peningkatan mutu serta relevansi dan efisiensi manajemen pendidikan untuk menghadapi tantangan sesuai dengan  tuntutan perubahan kehidupan lokal, nasional, dan global sehingga perlu dilakukan pembaharuan pendidikan secara terencana, terarah, dan berkesinambungan. Bila merujuk pada pernyataan tersebut,
sebenarnya konsep pendidikan dari penguasa negeri ini sudah ideal. Namun bagaimana praktiknya saat ini? Jauh.
Pemerintah telah menganggarkan 20% APBN untuk biaya pendidikan, namun yang benar-benar dimanfaatkan hanya 2-5% saja. Lalu kemana 15% sisanya? Biaya Operasional Sekolah (BOS) yang digembar-gemborkan dapat menyokong kebutuhan pendidikan dasar masyarakat kalangan bawah, nyatanya masih kurang. Memang biaya SPP dan uang gedung sudah ditalangi BOS, tapi sekolah tanpa buku dan seragam adalah omong kosong. Mereka masih harus membayar biaya buku dan seragam yang jumlahnya tidak sedikit. Isu-isu sekolah gratis hanyalah harapan hampa bagi masyarakat. Kalau pun ada sekolah gratis, fasilitasnya hanya seadanya.
Pendidikan di Indonesia telah lebih maju daripada tahun-tahun sebelum reformasi, yang masih membatasi gerak pendidikan. Saat ini sekolah-sekolah negeri bertaraf nasional (SSN) bahkan internasional (SBI) telah dirintis. Hal ini justru membuat jurang kesenjangan semakin dalam karena biayanya jauh lebih mahal daripada sekolah biasa. Alasan utamanya adalah untuk memberikan fasilitas terbaik pada peserta didik agar tercipta manusia yang bermutu tinggi. Lalu, bagaimana dengan output pendidikan taraf internasional? Sampai saat ini belum diketahui apa timbal balik nyata bagi pembangunan di masyarakat. Pendidikan seakan-akan dikomesialisasikan, dijadikan alat untuk pencitraan penguasa semata. Maka sebutan SBI bukan merujuk pada tarafnya, namun tarifnya, Sekolah Bertarif Internasional.
Itu baru pendidikan dasar. Lebih jauh lagi bila kita tengok pendidikan di Perguruan Tinggi. Fenomena perguruan tinggi telah banyak dibahas di berbagai pemberitaan di media, mulai dari kurikulum hinga pembiayaannya. Biaya perguruan tinggi yang melangit membuat masyarakat berpikir bahwa kuliah hanya untuk mereka yang berduit. Isu-isu privatisasi perguruan tinggi negeri, dimana PTN bisa mencari dana sendiri dari berbagai pihak, semakin meyakinkan masyarakat untuk tidak menyekolahkan anaknya sampai sarjana. Padahal, banyak perusahaan menyaratkan minimal lulusan sarjana untuk perekrutan pegawainya. Sarjana pun, kalau tidak kreatif, akan susah mencari pekerjaan. Hal ini tentu saja berimplikasi buruk pada perekonomian Indonesia. Angka pengangguran dan kriminalitas meningkat, kemiskinan semakin merajai bumi yang katanya kaya raya ini, dan otomatis beban negara pun semakin berat.
Mahalnya pendidikan di Indonesia tidak diiringi dengan peningkatan kualitas individu yang signifikan. Banyak orang pintar di negeri ini, namun mereka tidak cerdas. Doktrin yang secara tidak langsung ditanamkan sejak pendidikan dasar, yaitu sekolah untuk mencari pekerjaan, telah membunuh kreatifitas peserta didik. Berbagai cara dihalalkan untuk segera lulus, mendapat ijasah, kemudian memperoleh pekerjaan pada lini-lini yang strategis untuk memperkaya diri. Akibatnya jual beli ijasah, jual beli gelar, bahkan jual beli nilai bukan menjadi hal yang tabu. Hati nurani mereka kalahkan hanya untuk mendapatkan kekuasaan. Inilah yang menyebabkan lingkaran setan korupsi di negara ini tidak pernah bisa teputus. Entah sampai kapan hal ini akan berlangsung kalau tidak ada tindakan dan komitmen nyata dari para pembuat kebijakan.
Sudah semestinya permasalahan pendidikan di Indonesia diselesaikan dengan cara yang cerdas. Pendidikan bukanlah alat pembangun kekuasaan, kekuasaanlah yang seharusnya dapat membangun pendidikan. Pendidikan yang merupakan kebutuhan dan hak setiap individu seharusnya bukan menjadi barang mewah. Dengan terciptanya pendidikan yang terjangkau, maka seluruh lapisan masyarakat bisa merasakan nikmatnya pendidikan. Orangtua tidak perlu resah memikirkan biaya pendidikan, dan anak-anak pun tidak perlu resah untuk dapat meraih hal terbaik bagi masa depan mereka.

Penulis : Mahayu Fristy

Modul Cara Membuat Blog

Cara Membuat Blog dan cara membuat gmail ada disini, nah bagi kamu yang ingin tutorial membuat blog, cara membuat blog yang lengkap dan yang mudah, kamu dapat download modul ini , cara membuat blog. nah sekian dulu ya , semoga berhasil... rajin aja deh ngeblognya... semangat ntuk semua blogger indonesia.... Download Modul Cara Membuat Blog

MATERI PERENCANAAN PEMBELAJARAN


A. Rumpun Psikologi Kekuatan Mental


1. Psikologi Daya
Prinsip-prinsip pembelajaran yang sesuai adalah :
a. Prinsip Repetisi (Pengulangan)

Prinsip repetisi ini yang sesuai karena teori psikologi daya berprinsip bahwa daya-daya (mengingat, mengenal, mengkhayal, menilai, dll) yang dimiliki individu atau siswa dapat dikembangkan dengan cara berlatih secara berulang-berulang.

Dalam teori ini tidak mengenal prinsip motivasi, pengalaman belajar dan perbedaaan individu karena dianggap tidak relevan.

Memahami Hakikat Perkembangan Anak Didik



Pengertian perkembangan dan pertumbuhan


Pada dasarnya perkembangan merupakan suatu pola perubahan organisme baik dalam struktur maupun fungsi yang berupa fisik dean psikis yang terjadi secara teratur dan terorganisasi dan berlangsung sepanjang hayat. Sedangkan pertumbuhan adalah suatu proses perubahan yang lebih menunjuk kepada perubahan fisik.
Dari pengertian diatas dapat di simpulkan bahwa pertumbuhan termasuk dalam aspek perkembangan,tapi tidak setiap perkembangan merupakan pertumbuhan.

Pesan Terakhir dari Ruang Gawat Darurat

Pesan terakhir seorang sahabat dari ruang ICU

Kemarilah...

Jangan tanya `apa kabar` kepadaku hari ini, hee... karena kau tau sendiri semua kabel dan obat- obat ini membuatku pusing.

Kalau kau tanya apa yang paling aku butuhkan saat ini... pengampunan. Pengampuann dari Tuhan dan orang- orang yang aku menyayangi aku, tapi yang selama ini tidak banyak aku bahagiakan.

Ternyata aku baru tahu, setiap nafas begitu berharga. hanya orang yang bodoh yang tidak menghargai semua itu. Lihatlah aku. maut sudah didepan mataku, apalagi yang bisa kuperbuat.

Pentingnya Pendidikan Berkarakter

PEMERINTAH, melalui Kementerian Pendidikan Nasional sudah mencanangkan penerapan pendidikan karakter untuk semua tingkat pendidikan, dari SD-Perguruan Tinggi. Menurut Mendiknas, Prof. Muhammad Nuh, pembentukan karakter perlu dilakukan sejak usia dini. Jika karakter sudah terbentuk sejak usia dini, kata Mendiknas, maka  tidak akan mudah untuk mengubah karakter seseorang. Ia juga berharap, pendidikan karakter dapat membangun kepribadian bangsa. Mendiknas mengungkapkan hal ini saat berbicara pada pertemuan Pimpinan Pascasarjana LPTK Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan (LPTK) se-Indonesia di Auditorium Universitas Negeri Medan (Unimed), Sabtu (15/4/2010).

Desain Saung belakang Rumah


Saung berukuran 3x3m. Lengkap dengan sofabed, laci2 bawah sofa untuk pakaian lipat,
meja- kerja lipat, meja2 bawah LCD-TV, Kamar- mandi portable serat- kaca( shower
dan monoblock, water-heater, Kitchenet( kompor satu titik dan wasbak, serta rak- rak,
laci atas  bawah.

Desain Rumah Bagus


Tampak ruang keluarga, depan, makan dan masak. Atas studio.

Desain Villa dari Kayu

Vila Rumah Kayu Bekas(6 x 6,6m)
Sumber : Rumah kayu Bekas

tampakatas
Tampak Atas..

Desain Kamar Minimalis

RakBukuMejaKerjaLipatNahKasDiKamar3X3


Kali- kali karena satu dan lain hal masih di kamar 3 x 3. Tapi punya kebutuhan 33 x 33,

Sebaiknya diusahakan bed tetap ditengah, agar masing2 punya nahkas. Juga karena turun dari bed sebaiknya langsung, tidak melalui kavling tetangga( ya kan?)
Meja kerja lipat kecil bisa dipasang dimasing- masing sisi.
Rak buku seperti dalam gambar, bisa dipasang sebanyak mungkin sampai sejangkauan tangan..
Di ruang bawah bed bisa dibuat laci- laci besar, kiri dan kanan.

Menumbuhkan Kemandirian Anak


kali ini saya akan membagi skripsi, yang semoga saja bermanfaat bagi kalian semua ..
langsung saja...

Secara alamiah anak sudah mempunyai dorongan untuk mandiri atas dirinya sendiri. Mereka terkadang lebih senang untuk bisa mengurus dirinya sendiri daripada dilayani. Sayangnya orang tua sering menghambat keinginannya dan dorongan untuk mandiri. Seorang anak yang mempunyai rasa mandiri yang memadai, akan mampu menyesuaikan diri dengan keadaan lingkungan dan dapat mengatasi kesulitan yang terjadi. Disamping itu anak yang mempunyai kemandirian yang tinggi akan memiliki stabilitas emosional dan ketahanan yang mantap dalam menghadapi tantangan dan tekanan.

Bocoran Soal-Soal UAN dan UASBN 2012 SD-SMP-SMA-SMK



les privat superior quantum, les privat, guru ke rumah, guru les privat, guru privat, guru les, bimbel ke rumah, guru les matematika, guru les bahasa inggris, guru les fisika, guru les kimia, les privat uan, les privat snmptn, les privat simak ui.
Bocoran Soal-Soal UAN dan UASBN 2012 SD-SMP-SMA-SMK
Ini bukan bocoran soal UAN 2012 ataupun kisi-kisi UAN 2012 tapi bisa dijadikan referensi untuk belajar dan memprediksi sendiri soal-soal UN 2012.
Anda tahu sendiri kalau soal-soal UAN 2012 itu selalu berulang-ulang dari tahun ke tahun dan hampir sama walaupun hanya diganti dengan angka atau kata yang berbeda.
Saya sediakan kumpulan soal-soal ini untuk bahan persiapan UAN 2012 untuk dipelajari.jangan lupa di share juga yah ke yang lain ...
supaya sukses UN nya.

Fakta Unik Tentang Kopi



1. Kopi yang tiap hari kita minum ternyata punya sejarah panjaaaang! Sejarah kopi bermula dari cerita seorang penggembala kambing Abessynia (sekarang Ethiopia) yang menemukan tumbuhan kopi sewaktu ia menggembala pada abad ke-9 M. Dari sana, kopi terus menyebar ke daratan Mesir dan Yaman, dan pada abad ke-15 menyebar lebih luas ke Persia , Mesir, Turki dan Afrika utara. Tapi ada juga versi lain dari Abessynia: konon katanya Ali al-Shadili gemar meminum sari biji kopi untuk membuatnya tetap terjaga demi menjalankan shalat malam.

PEMANASAN GLOBAL



BAB I
PENDAHULUAN
1.1. Latar Belakang
Latar belakang disusunnya makalah ini adalah untuk memenuhi tugas yang telah diberikan oleh dosen pengajar. Makalh ini membahas tentang Pemanasan global atau global warming. Makalah ini disusun berdasarkan tentang perbincangan yang sedang hangat dibicarakan oleh dunia. Pemanasan global belum menemukan titik terang dalam penanggulangannya. Disini penulis berusaha menerangkan materi yang dibutuhkan sebagai referensi agar dapat menyempurnakan topik yang akan diperbincangkan.

HUJAN ASAM




DENGAN semakin meningkatnya ilmu pengetahun dan teknologi (iptek), semakin tinggi pula aktivitas kegiatan ekonomi manusia, di antaranya dengan semakin pesatnya perkembangan proses industrialisasi dan sistem transportasi. Sebagai konsekuensi logis, maka semakin meningkat pula zat-zat polutan yang dikeluarkan kegiatan industri maupun transportasi tersebut. Keberadaan zat-zat polutan di udara ini tentu akan berpengaruh terhadap proses-proses fisik dan kimia yang terjadi di udara. Salah satu dampaknya ialah dengan terjadinya hujan asam.

Ibnu Khaldun dan teori ekonomi Islam

Kemukakan teori ekonomi Islam


Ibn Khaldun atau nama sebenarnya Wali al-Din Abd al-Rahman bin Muhammad bin Abu Bakar Muhammad bin al-Hasan lahir di Tunis pada 1 Ramadan 732H Keluarganya berasal daripada keturunan Arab Hadramaut yang pernah menetap di Serville, Italy, dan SepanyoL Akhirnya berpindah dan menetap di Afrika Utara semasa pemerintahan Hafs Abu Zakariyya, pemerintah Tunis pada waktu itu.

Seperti yang dinyatakan sebelum ini, Ibn Khaldun mendapat pendidikan dalam pelbagai ilmu Islam seperti al-Quran, al'Hadith, perundangan Islam, kesusasteraan, falsafah, bahasa, dan mantik. Antara gurunya ialah Muhammad Ibrahim al-Abili, Abu Abd Allah al-Jayyani, Abd Allah Muhammad bin Abd al-Salam.

MAKALAH MASALAH LINGKUNGAN HIDUP DAN PENANGGULANGANNYA


MAKALAH
MASALAH LINGKUNGAN HIDUP DAN PENANGGULANGANNYA
Diajukan Untuk Memenuhi Tugas Mata Kuliah Ilmu Alamiah Dasar

Disusun Oleh :

Macam-Macam Kepribadian Anak


Kali ini kita akan membahas bagian yang tidak kalah pentingnya yaitu bagian tentang kepribadian, inilah dasar dari pembentukan karakter seorang anak. Mengapa kita perlu membahas tentang kepribadian, kepribadian adalah bagian dari diri manusia yang sangat unik dimana kita memiliki kecenderungan yang cukup besar untuk merespon segala sesuatu. Dengan memahami kepribadian anak berarti kita telah menyingkat waktu kita untuk menebak-nebak, berusaha mengerti dan memahami anak kita, kita bisa jauh lebih mudah untuk memahami seseorang anak dengan memperhatikan tipologi kepribadiannya. Nah dalam artikel kali ini saya akan menggunakan tipelogi kepribadian yang sangat banyak dipakai oleh family terapis, oleh para HRD manager ataupun praktisi-praktisi di sumber daya manusia untuk menganalisa kepribadian seseorang. Kepribadian ini membagi manusia menjadi empat golongan besar yaitu korelis, sanguinis, phlegmatis dan melankolis.

Karakter Anak adalah Turunan

Kali ini kita akan membahas tentang bagaimana karakter terbentuk secara turun temurun dan terkadang tidak disadari. Apakah bisa? Mungkin? Bisa dan mungkin, dan biasanya ini terbentuk dari Believe atau kepercayaan atau keyakinan dari orangtua yang diturunkan kepada anak. Dan jika keyakinan yang diturunkan salah, sampai 7 turunan bisa salah jika tidak diperbaiki. Baiklah, simak terus tulisan ini dan dapatkan rahasia pemahaman baru.

Believe atau kepercayaan itu bukan kita berarti membahas persoalan agama atau keyakinan beribadah. yang di maksud adalah suatu pemikiran yang terbentuk karena pengalaman yang berulang-ulang atau pengalaman yang berkesan. Jadi secara sederhananya bisa kita katakan sebagai perasaan “pasti” akan sesuatu hal.

6 Ciri Karakter Anak Bermasalah

“Mungkinkah mengetahui dan memastikan apakah seorang anak itu bermasalah, dalam waktu 5-10 menit pertama saat kita bertemu dengannya?” Jawabannya adalah “mungkin” dan “pasti”. Pertanyaan yang sering saya ajukan kepada peserta seminar ataupun para orangtua yang sedang bersemangat belajar dan mencecar saya dengan berbagai pertanyaan seputar anaknya.

Cara Menumbuhkan Semangat Belajar Pada Anak

Nah, ini adalah tema yang sering ditunggu-tunggu oleh orangtua dan juga sering banyak dikeluhkan orangtua. “Kenapa anak saya ngga senang belajar, maen aja seharian”, keluh seorang Ibu yang hadir diseminar saya. Para pembaca, percayakah Anda bahwa kehidupan sejati kita manusia adalah seorang pembelajar? Tapi kita sering memberikan perlakuan yang tidak menyenangkan saat anak belajar (secara tidak sadar) bahkan dulu kita pun mungkin diberikan stimulasi yang salah sehingga belajar itu tidak menyenangkan.

Pentingnya Memahami Kebutuhan Anak

Pada bagian sebelumnya kita telah mempelajari bahwa anak dan remaja lebih dikendalikan oleh emosi-emosi mereka daripada pemikiran rasional dan logis. Emosi ini menjelaskan mengapa anak dan remaja berperilaku demikian, termasuk perilaku yang merusak diri sendiri. Jadi jika kita ingin memotivasi mereka, sebaiknya kita pahami lebih dulu emosi yang mengendalikan mereka dan memanfaatkannya untuk mengarahkan perilaku dan pemikiran yang lebih memperdayakan.

Berikut adalah ketiga kebutuhan emosional anak:

Masjid Megah di Kota Roma

REPUBLIKA.CO.ID-Banyak orang yang menyangka di Roma, Ibukota Italia, dipenuhi gereja-gereja. Tak ada yang menyangka bahwa di kota yang dibangun oleh Romus dan Romulus itu berdiri sebuah masjid megah. Yang menarik dan unik, lokasi masjid yang didesain arsitek Italia Paulo Porthogesi, berdekatan dengan Kota Vatikan dan Sinagog Yahudi. Artinya, tak ada masalah jika tiga tempat peribadatan itu saling berdekatan.

Fakta Tersembunyi "Ibnu Sina".

“Dokter yang tidak peduli adalah asisten terbaik sang maut”
(Ibnu Sina)

Ibnu Sina, memiliki nama panjang Abu Ali Husain ibn Abdullah ibn Sina (sering dilatinkan jadi Avicenna di Barat). Karena besarnya kontribusinya terhadap dunia kedokteran lewat masterpiece-nya, Canon of Medicine, ia dijuluki “Bapak Kedokteran”. Bahkan kalau Anda membaca sendiri Canon of Medicine, Anda akan terkejut betapa banyaknya penyakit modern yang telah dibahas oleh Ibnu Sina beserta metode pengobatannya.

Inilah Profesor dengan Gaji Tertinggi di Dunia

Foto: Salah satu universitas negeri di Kanada, University of Toronto. (Kaphoto)
Foto: Salah satu universitas negeri di Kanada, University of Toronto. (Kaphoto)
DOSEN di Kanada dinobatkan sebagai akademisi dengan gaji tertinggi di dunia. Hal ini berdasarkan studi terbaru yang dilakukan Pusat Perguruan Tinggi Boston untuk Pendidikan Tinggi Internasional dan Pusat Penelitian di Higher School of Economics di Moskow, Rusia.

Studi dilakukan dengan menganalisa gaji dosen atau biasa disebut profesor di perguruan tinggi negeri (PTN) di 28 negara. Negara yang diteliti bervariasi mulai dari Amerika Serikat, Italia, dan Jerman hingga Malaysia dan negara di benua Afrika, Etiopia.

Ketika, Profesor Pun Mengajar Anak SD


Sudah cukup lama, saya berharap agar di Indonesia banyak profesor yang bersedia mengajar di jenjang pendidikan dasar, yaitu SD dan SMP. Mengapa? Pertama, karena di sejumlah negara lain, seperti Singapura, Jepang Eropa, atau Amerika, misalnya, sudah menjadi hal yang relatif biasa, seseorang yang bergelar Doktor atau bahkan Profesor masih bersedia dengan senang hati mengajar di tingkat pendidikan dasar.

5 isu yang perlu di atasi




Selamat Datang!

Setelah 18 tahun kerja di lapangan, setelah dua tahun bekerja sebagai konsultan di Depdiknas, dan lebih dari 10 tahun bekerja di beberapa proyek pendidikan saya percaya bahwa 5 isu berikut adalah isu-isu utama yang perlu diatasi supaya kita dapat mencapaikan Pendidikan Yang Bermutu Untuk Semua Pelajar Di Indonesia.
5 Steps to a World-Class Education
1) Memberantas korupsi di bidang pendidikan yang sangat memalukan dan membunuh semua harapan kita untuk maju - "Korupsi terjadi di semua tingkatan dari KemDikNas, dinas pendidikan, hingga sekolah" (ICW) "Dinas pendidikan telah menjadi institusi paling korup dan menjadi isntitusi penyumbang koruptor pendidikan terbesar dibanding dengan institusi lainnya." ICW: Analisis 5 Tahun Pemberantasan Korupsi Pendidikan (2004-2009). "Jangan dinilai gagal terus!" Ref: http://pojokantikorupsi.com/.

7 Maksud Tersembunyi di Balik Kebiasaan Kucing





Ayo Membaca, Semoga bermanfaat.
oke.. Yang selama ini kita percaya : Kucing mempunyai beragam cara untuk berkomunikasi dengan sesama kucing dan manusia, salah satunya adalah dengan mengeong.


1. Mengeong

Suara kucing ini sangat khas saat dia ingin bermain, saat dia lapar, ataupun hanya menyatakan rasa terima kasihnya pada kita.

Bacalah Faktanya : Kucing beradaptasi dan berevolusi, tidak seperti keluarganya di alam liar, kucing rumah mengembangkan kemampuan khusus untuk meniru suara bayi manusia.

Bahasa Inggris Kebablasan!

Oleh: Sandy Guswan C, S.Pd.

Peran yang diberikan kepada (mata pelajaran) bahasa Inggris sangat besar dan boleh dikatakan sudah pada kadar yang berlebihan akhir-akhir ini. Padahal kita tahu bahasa Inggris di Indonesia statusnya hanyalah sebagai bahasa asing. Pemerintah harus menghentikan pendewaan yang terlalu berlebihan kepada bahasa Inggris dan mengembalikan fungsi dan peran bahasa Inggris yang sesungguhnya.

Apa yang Salah dengan Indonesia?

Oleh : Prof. Dr H. Engkoswara, M.Ed
 

ENAM puluh lima tahun Indonesia merdeka, selama itu ia membangun diri, banyak kemajuan dan tak luput dari permasalahan yang menjerat yang sungguh memprihatinkan, bahkan mengenaskan yang berkepanjangan. Marilah bertamasya dari Sabang menyusuri Kalimantan, Jawa, Bali, Nusa Tenggara sampai Merauke. Tampak gunung dan lautan membiru dan sawah ladang membentang luas, hijau kemilau yang konon kaya bahan mentah dan budaya. Kota besar ditumbuhi gedung menjulang tinggi dan carefure atau mal punya konglomerat. Tol panjang lebar dibanjiri mobil baru dan mewah. Jalan dipadati sepeda motor seperti laron.

PARADIGMA PEMBELAJARAN MENJAWAB TANTANGAN JAMAN

Oleh,
Prof. Dr. H. Soedijarto, MA

PENDAHULUAN

Sejak proklamasi kemerdekaan 17 Agustus 1945, Indonesia menghadapi tantangan yang berdimensi ganda. Karena kalau Negara-negara Eropa sejak abad ke-17 sejak Renaisance terus maju menjadi Negara industry didukung dengan peradaban modern (Science and Technology), penghuni Nusantara nasibnya terbalik.

Setelah runtuhnya imperium Majapahit,

MAKNA MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN DAN MEMBENTUK WATAK

MAKNA MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN DAN MEMBENTUK WATAK DALAM RANGKA MEMBANGUN PERADABAN BANGSA YANG BERMARTABAT (SEBUAH TINJAUAN ANALITIS TENTANG FUNGSI PENDIDIKAN NASIONAL DAN IMPLIKASINYA)

Oleh, Prof. Dr. H. Soedijarto, MA


I. PENDAHULUAN

Sebagai sering penulis kemukakan, Indonesia adalah salah satu dari tidak banyak Negara yang UU Dasarnya menetapkan “mencerdaskan kehidupan bangsa” sebagai salah satu dari misi penyelenggaraan pemerintahan Negara. Di samping itu UUD Indonesia (UUD 1945) adalah salah satu dari tidak banyak UUD Negara yang disamping memberi hak kepada setiap warga Negara untuk memperoleh pendidikan (pasal 31 ayat (1)), juga menetapkan kewajiban Pemerintah untuk “mengusahakan dan menyelenggarakan satu sistem pendidikan nasional”, disamping itu UUD 1945 juga menetapkan kewajiban Pemerintah “memajukan kebudayaan nasional Indonesia”.

PENGEMBANGAN KURIKULUM BERBASIS LOKAL BERWAWASAN GLOBAL

Oleh : Drs. Khaerudin, M.Pd.
A. Pendahuluan
Akhir-akhir ini bangsa kita dikejutkan oleh klaim yang dilakukan oleh Malaysia berkenaan dengan sejumlah produk dan budaya yang sesungguhnya milik kita. Kita merasa tersinggung dengan ulah Malaysia tersebut. Sejumlah produk yang telah dicoba diklaim oleh Malaysia diantaranya kesenian Reog Ponorogo, Angklung,
Guru SD di Kotabumi Lampung

Kuda Lumping, Lagu Rasa Sayange, dan yang paling menghebohkan Tari Pendet. Di samping itu ada sejumlah produk lain yaitu Batik, Wayang Kulit, Rendang Padang, dan Keris
Mengapa peristiwa ini terjadi? Semua barangkali sepakat karena Malaysia “dalam konteks” ini tidak punya etika, tidak punya malu, dan tidak berbudaya. Tapi problemnya adalah kalau kita menyikapi suatu permasalahan hanya melihat kelemahan dan kesalahan orang lain, apakah permasalahan tersebut akan teratasi secara tuntas?